Senin, 28 Maret 2011

Budaya dan Pola Hidup Sehat

Sepanjang 2010, ribuan jenis diet muncul sebagai hasil pembaruan jenis diet yang sudah ada sekaligus memberikan gambaran bahwa terdapat banyak cara untuk menurunkan berat badan. Namun, ada beberapa yang tergolong aneh.
Ada beberapa program diet yang tumbuh populer pada 2010. Dengan caranya masing-masing, setiap bentuk diet ingin Anda percaya bahwa kelebihan berat badan mudah diturunkan.
Sayang, mereka yang berhasil dengan bentuk diet tertentu akan memujanya hingga tidak belajar pola hidup sehat untuk menjaga berat badan. Bahkan, tak peduli efek buruk diet yang dilakukan terhadap kesehatan jangka panjangnya.
Berdasarkan tinjauan pada lebih dari 1.500 jenis diet, berikut empat bentuk diet teraneh yang berhasil dihimpun sepanjang 2010, seperti dilansir dari DietsInReview.
Pola Hidup Sehat
Pola makan yang teratur
Diet makanan bayi
Pada dasarnya, diet ini mengharuskan pelakunya untuk mengganti makanan ringan alias camilannya dengan makanan bayi.
Bisa dibilang, diet makanan bayi adalah bentuk diet yang sangat rendah kalori dan rendah gizi. Makanan Bayi tentu diperuntukkan bagi bayi. Kalori di dalamnya tidak cukup untuk orang dewasa. Salah satu seleb Hollywood yang melakoni bentuk diet ini adalah Jennifer Aniston.
“Sangat jauh lebih baik jika Anda makan buah utuh, sayuran, biji-bijian, dan daging tanpa lemak karena lebih mengenyangkan dan memuaskan. Setelah beberapa hari makan makanan bayi saja, saya yakin Anda ingin kembali makan makanan orang dewasa. Apalagi, makanan bayi harganya mahal,” kata Joy Bauer, pakar gizi.
Diet cacing pita
Diet ini mengharuskan pelakunya untuk menelan parasit cacing pita, yang dapat ditemui dalam kotoran hewan yang terinfeksi atau pada daging setengah matang.
Cacing pita akan tumbuh dalam saluran pencernaan dan akan tetap dibiarkan hingga berat badan yang diinginkan tercapai. Jika target terpenuhi, maka pelakunya akan diberikan antibiotik untuk membunuh dan mengusir cacing pita ini. Salah satu selebriti yang pernah melakukan diet ini adalah Tyra Banks.
“Diet ini benar-benar gila. Cacing pita adalah parasit berbahaya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Cacing pita bukan cara untuk menurunkan berat badan Anda. Dan, adalah ilegal untuk membeli dan menjual cacing pita di AS,” kata Bauer.
Diet hCG
Diet dilakukan melalui injeksi harian hormon kehamilan wanita, dengan resep dokter, sambil menerapkan pola makan diet 500 kalori.
Anda harus melakukan suntikan harian dan diet 500 kalori untuk bisa menurunkan berat badan. Ini bukan cara yang sehat. Memang, diet rendah kalori adalah cara paling dianjurkan untuk menurunkan berat badan, tapi Anda harus memotong kalori dengan cara yang sehat dan berkelanjutan, sambil memberikan tubuh Anda kalori yang dibutuhkan.
Kalori adalah energi dan bahan bakar. Tubuh kita memerlukannya untuk terus beroperasi dan juga menurunkan berat badan.
“500 kalori tidak cukup untuk mendukung fungsi otak yang normal,” kata ahli diet Rebecca Scritchfield.
“Kita perlu energi, dan kalori menyediakannya agar tubuh bisa bertahan hidup dan berkembang. Jika Anda tidak memberikan tubuh cukup kalori, terutama dari makanan kaya karbohidrat (yang mensuplai otak dengan jumlah glukosa yang diperlukan), tubuh akan mengambilnya dengan meruntuhkan massa otot untuk menghasilkan glukosa sebagai bahan bakar otak, sel-sel darah merah, dan seluruh sistem saraf pusat,” kata Elisa Zied MS RD, penulis Nutrition at Your Fingertips sekaligus pendiri dan presiden Zied Health Communications, LLC.
Dia menegaskan, jika Anda tidak mengisi tubuh dengan jumlah ideal kalori setiap haribagi sebagian orang sekira 2.000 kalori per hari (walaupun jumlahnya bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas)itu akan memperlambat tubuh untuk memanfaatkan kalori yang Anda asup, memperlambat metabolisme, dan tubuh tidak akan dapat berfungsi dengan baik, seperti tidak cukup energi.
“Diet ini jelas-jelas mencelakai. Anda tentu tidak ingin mengalami kecelakaan mobil sebelum sampai tujuan, kan? Jadi, mengapa Anda menerapkan diet macam ini?,” tukasnya.
Diet twinkie
Diet twinkie tak menuntut pelakunya untuk menghilangkan kebiasaan makan junk food ataupun cake. Adalah nutrisionis professor Mark Haub yang menciptakan bentuk diet ini dengan mengonsumsi “Snack Cake Diet” yang bisa menghilangkan 27 pon (sekira 12,2 kg) berat badan Anda dalam dua bulan.
Budaya Hidup Sehat
Budaya Hidup Sehat
Ia ingin membuktikan bahwa jumlah kalori yang Anda konsumsi lebih dari komposisi gizi makanan sebenarnya. Dengan makan 1.800 kalori sehari, berat badan tentu bisa turun. Namun, diet ini tidak memberikan serat, vitamin, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.
“Diet twinkie sarat dengan gula, lemak jahat, dan tepung putih bermutu rendah. Diet ini mendatangkan malapetaka pada gula darah dan meningkatkan peradangan seluruh tubuh Anda,” kata Bauer.
“Anda bisa menurunkan berat badan (dengan mengasup lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar), tetapi Anda akan memberi kerugian besar bagi tubuh dan kesehatan,” tegasny

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar