Senin, 28 Maret 2011

Budaya hidup sehat

Tubuh manusia terdiri dari kurang lebih 100 triliun sel, setiap sel tersusun atas 46 kromosom. Di dalam satu kromosom terdapat benang-benang DNA dan di dalam setiap benang DNA terdapat 1 miliar kode. Luarbiasanya apabila DNA manusia sedunia dikumpulkan, besarnya hanya 1 biji beras.
 

DNA (the molecule of life) berfungsi sebagai program tubuh, layaknya software komputer. Jadi kerja tubuh kita sangat tergantung dari DNA. Dari hasil penelitian terkini, ternyata makanan yang kita konsumsi mempengaruhi secara langsung hasil program tubuh di dalam DNA kita.

Makanan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang. Konsumsi karbohidrat dan lemak berlebihan, minim serat dan air menjadi salah satu penyebab tingginya angka penyakit degeneratif seperti stroke, penyakit jantung, diabetes, gagal ginjal, kanker dll. Tumpukan toksin di tubuh memperburuk keadaan. Setiap tahun penderitanya semakin bertambah mengkhawatirkan.

"Sesungguhnya penyakit hanya sebuah nama, semua itu diawali dengan kerusakan sel"

Sel memerlukan nutrisi yang cukup dan tepat untuk regenerasi. Konsumsi protein, sayuran dan buah yang kaya vitamin bisa membuat regenerasi  sel berjalan optimal. Bila tidak, akan ada banyak sel yang rusak dan menganggu metabolisme tubuh.

Memiliki tubuh sehat adalah sebuah pilihan. Memelihara kesehatan dengan menjaga keseimbangan pola makan, pola hidup, pola pikir, pola spiritual, yang bisa dilakukan oleh siapapun, bila mengenali dan memahami cara kerja tubuhnya sendiri.

Sangat tidak mudah menjaga komitmen untuk disiplin menerapkan gaya hidup sehat karena godaan nafsu yang luarbiasa. Wisata kuliner yang memanjakan lidah ada dimana-mana. Perlu dukungan keluarga, sahabat, komunitas sosial yang positif untuk mempertahankannya, dengan cara-cara yang sebenarnya cukup sederhana, murah, mudah. Makan karbohidrat dan lemak secukupnya, konsumsi air putih berkualitas secukupnya, perbanyak sayur dan buah, olahraga, kelola stress dengan lebih mendekatkan diri pada Allah swt, bergaul dengan lingkungan sosial yang positif, penuh semangat.

Segalanya mungkin terjadi bila kita bisa memulainya dari diri sendiri dengan disiplin. Mari budayakan gaya hidup sehat dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan untuk membangun Indonesia sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar